Nha Trang Daily Boat Trip - Vietnam

Day 7 : 6 Oktober 2015

Sarapan di Nam Hung Hotel sangat memuaskan, senang rasanya setelah selama ini perut hanya diisi dengan Pho, Banh Mi, dan menu di  Com. Setelah sarapan, kami buru-buru check out untuk ikut islands tour, paket yang sudah kami beli kemarin di kantor Sinh Tourist Nha Trang seharga 149.000 VND/pax. Kantornya tidak terlalu jauh dari hotel Nam Hung, hanya sekitar 60 meter.

Cable Car  dari pelabuhan Nha Trang ke Vinpearl Land.

Setelah proses check out dan pasport kami dikembalikan oleh resepsionis hotel, kami berjalan kaki ke kantor Sinh Tourist. Kebijakkan The Sinh Tourist kebanyakan mengharuskan semua peserta berkumpul di kantor mereka, tanpa opsi penjemputan, sehingga menghemat waktu atau agar berjalan tepat waktu.

Tri Nguyen Aquarium di Hon Mieu

Pukul 08.30 tepat, bus berangkat ke Cang Nha Trang (pelabuhan Nha Trang). Pelabuhan tersebut cukup besar, banyak kapal-kapal yang bersandar menunggu penumpang. Setelah peserta datang semua, kami diajak naik ke kapal yang telah disediakan, digabung dengan peserta tour yang lain. Rombongan tour kami berjumlah sekitar 40 peserta.

Base terapung untuk permainan air dekat Hon Mun

Kapal ini merupakan perusahaan NUMBER 4 BOAT TRIP, tentu saja berbeda dengan The Sinh Tourist. The Sinh Tourist hanya bertindak sebagai agen travel, yang mengantar dan menjemput kami dari dan ke dermaga. Selanjutnya acara tour dilimpahkan ke perusaahan kapal yang bersangkutan.

Tips:
Bisa langsung go show memesan tiket tour di pelabuhan Nha Trang, atau bisa menghubungi:
Number 4 Boat Trip
Add: 06 Phan Chu Trinh Street | Tel: 058.3816097 - Mobile: 0903.586.737 | Fax: 058.3563.127
Email: number4boattrip@yahoo.com | http://www.number4boattrip.com

Di dermaga ini juga ada cable car, yang konon katanya merupakan cable car terpanjang yang melintasi laut sepanjang 3320m, ditopang 9 tiang di tengah laut. Yang menghubungkan Nha Trang dengan pulau yang paling besar di dekatnya, Hon Tre atau dikenal dengan Vinpearl Land. Di pulau ini terdapat amusement park yang cukup besar. Biaya masuk ke amusement park ini adalah 600.000 VND termasuk tiket bolak balik dengan kereta kabel.

Berhubung kami tidak ke sini, kita lewati saja. Mungkin dilain kesempatan baru kita bahas Vinpearl Land ini. Tujuan pertama kami adalah Hon Mieu (Mieu Island), tidak jauh dari pelabuhan Nha Trang. Di sebuah teluk di utara pulau ini terdapat Ben Tau Tri Nguyen (Tri Nguyen Aquarium). Tiket masuk ke Aquarium ini seharga 90.000 VND.

Bai Tranh, pantai di tenggara Hon Mieu
Dari sana kapal kami bertolak ke Hon Mun (Mun Island) untuk menikmati permainan air. Di dekat pulau ada beberapa base terapung. Yang pertama base untuk diving, bagi yang ingin ikut diving (dengan biaya tambahan) akan diturunkan di sini, sedangkan base kedua dan ketiga adalah untuk snorkeling (harga termasuk dalam paket), dan parasailing (dengan biaya tambahan).

Pantai Nha Trang
Di base ini akan ada ojek bamboo basket boat, perahu kecil berbentuk bulat yang bagian bawahnya dimodifikasi dengan kaca agar tembus melihat ke dalam laut. Jadi bisa kita namakan Bamboo Basket Glass Bottom Boat. Hahaha. Harganya 30.000 VND kita akan diantar ke tepi pulau, dan bisa berjalan di pulau.

Sayang sekali, karena kami memang tidak mempersiapkan diri ikut acara basah-basahan, mengingat malamnya kami harus berangkat ke Hoi An. Jadi kami hanya bisa mengamati keasyikkan mereka dari atas kapal.

Sebelum jam 12 siang, kami diantar ke Hon Mot (Mot Island) untuk makan siang. Sama halnya di Hon Mun, di Hon Mot juga kami tidak sampai ke pulaunya. Ada base terapung di sana, seperti keramba apung, banyak keramba yang berisi ikan dan cumi yang ukurannya cukup besar (bukan gurita).

Kami disuruh turun ke sana, kami pikir, wah, lumayan nih dapat makan siang di sini. Tapi ternyata hanya sementara, di mana kapal kami diubah menjadi meja makan yang besar dan luas. Untuk pemesanan makan di keramba itu harus dibayar sendiri. Sedangkan jatah makan kami adalah prasmanan di atas kapal.

Makan siang ternyata sangat banyak, kami tidak sanggup menghabiskan. Sisanya buat kasih makan ikan aja. Hehehe. Setelah puas makan, kami turun lagi ke keramba apung itu, dimana kapal diubah lagi menjadi pentas untuk menyanyi dan menari, dengan alat musik yang cukup sederhana dari kru kapal.

Sepanjang jalan acara ini berubah menjadi agak sedikit "vulgar" tapi cukup menarik karena semua peserta terlibat dalam acara menyanyi dan menari. Sebelum sampai di tujuan selanjutnya, kami berhenti di tengah laut, dan dilanjutkan dengan acara minum wine. Gratis, hanya dengan syarat menceburkan diri ke laut, karena memang acaranya seperti itu.

Night Market Nha Trang
Dari sana kami merapat kembali ke Hon Mieu, tapi bukan di utara, melainkan di arah tenggara, sebuah pantai yang dikasih nama Bai Tranh, dengan tiket masuk seharga 30.000 VND. Di sini kami menghabiskan waktu sampai kembali ke Nha Trang.

Lagi-lagi kami tidak bisa ikut berenang dan menikmati parasailing yang cukup murah, hanya 60.000 VND. Pantai di sini airnya jernih dan pasirnya putih.

Sleeper bus Nha Trang - Hoi An
Sekitar pukul 3 sore kami dijemput dan diantar kembali ke pelabuhan Nha Trang, dan dilanjutkan bus yang mengantar kami ke kantor Sinh Tourist Nha Trang.

Masih ada sedikit waktu kami berjalan di sekitar pantai Nha Trang, garis pantai di sini cukup panjang. Dan berjalan ke pasar malam Nha Trang, kemudian kembali ke Sinh Tourist dan menunggu bus ke Hoi An pada pukul 19.00. Harga tiket bus dari Nha Trang ke Hoi An adalah 219.000 VND

Perjalanan kami akan memakan waktu semalaman sekitar 11 jam, sekali lagi, inilah kehebatan sleeping bus di Vietnam, kami bisa tidur dengan nyenyak sepanjang jalan. Dengan jarak tempuh 511 km, kami akan sampai di kantor Sinh Tourist Hoi An besok jam 6 pagi. Lumayan buat menghemat biaya hotel.

Tips:
Untuk memperoleh voucher hotel 200.000 VND dari HotelQuickly, silahkan download aplikasi HQ di sini, kemudian masukkan kode YLIMP pada menu redeem voucher pada aplikasi yang sudah diunduh tadi. Kode YLIMP hanya bisa digunakan jika download aplikasinya di link yang saya tautkan di atas.