Halong Bay - Hanoi

Day 13 : 12 Oktober 2015

Alarm yang kami pasang semalam berbunyi tepat pukul 05:15. Niat hati ingin menikmati sunrise di atas dek cruise terpaksa kami batalkan setelah mengintip dari jendela kamar, langit tidak bersahabat dan awan tebal menggelayut di atas.

Ti Top Island
Selimut kami tarik lagi dan melanjutkan tidur sampai pukul 06:30, karena kami harus bersarapan pukul 07.00.

Saya menyempatkan diri mandi, sedangkan istri saya memutuskan belum mau mandi (bukan tidak mau mandi ya :p ). Alasannya nanti mau berenang di Ti Top Island.

Kurang dari jam 7 kami sudah bersiap, meja makan sudah tertata rapi, siap menghidangkan sarapan kami, tapi belum ada 1 orangpun di sana. Kami naik ke atas dek dan mendapati Mr.Frank dan istrinya sudah nongkrong di atas dek, sambil menikmati buahan segar yang disediakan untuk menikmati sunrise subuh tadi.

Sembari bercerita bahwa mereka juga sempat bangun dan melihat cuaca tidak mendukung untuk menikmati sunrise, dan kembali tidur. Dan bisa ditebak dari buahan yang tersedia, tidak seorangpun yang bangun pagi untuk melihat sunrise.
Patung G.X.Ti-Top (1935-2000) di Ti Top Island

Tak lama kemudian, tour guide kami, Benny memanggil dan mengumpulkan kami untuk menikmati sarapan yang sudah disiapkan.

Sambil menikmati sarapan yang di sediakan, kapal bergerak pelan menuju Ti Top Island, yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari tempat bersandar cruise semalam. Sarapan kami cukup bervariasi dengan menu utama roti, keju, kopi, teh, susu.

Setelah sarapan, kami dikasih waktu 5 menit untuk bersiap-siap dan pindah ke perahu kecil kemudian diantar ke Ti Top Island. Untuk masuk ke pulau ini dikenakan biaya masuk, yang kami tidak tahu berapa harganya karena sudah termasuk dalam paket tour kami.

Ti Top Island terletak sekitar 8 km arah tenggara Bai Chay Tourist Wharf. Nama pulau ini diberikan oleh Presiden Vietnam saat itu, Ho Chi Minh sebagai penghargaan kepada mantan pahlawan Uni Soviet di Perang Dunia ke-2, Ghermann Titov, yang mengunjungi pulau ini pada tahun 1962.

View dari Puncak Pulau Ti Top
Kami diajak naik ke puncak Ti Top Island. Jaraknya cukup tinggi dengan tangga yang agak curam cukup membuat kami kelelahan. Berkali-kali kami istirahat sepanjang tangga yang memiliki view sangat bagus. Dan semua kelelahan terbayar dengan view yang menakjubkan di puncak Ti Top Island.

Walaupun masih pagi, puncak Ti Top sudah dipenuhi banyak wisatawan. Untuk mengabadikan foto bahkan kita harus sabar mengantri untuk mendapatkan view yang bagus tanpa dihalangi wisatawan yang lain.

Pantai Ti Top Island
Setelah puas, turun tangga lebih enak dibanding naik. Dalam sekejap kami sudah sampai di bawah. Beberapa orang dari rombongan kami sudah nyebur di pantai Ti Top, termasuk Mr.Frank dan Mrs.Frank. Niat kami yang semula ingin berenang terpaksa diurungkan karena cuaca yang agak dingin. Lagian untuk berenang, banyak koq pantai di Bangka yang bagus. Hanya saya view batuan-batuan karst yang menjulang tinggi di tengah laut menjadi daya tarik tersendiri berenang di sini.

Sekitar pukul 10 kami kembali diantar ke cruise untuk mandi dan check out. Saat check out, semua minuman yang kita minum saat ditawarkan sejak awal kami check in di cruise harus dibayar. Harganya sekitar 50.000 - 60.000 VND per gelas. Lumayan juga ya, soalnya ada yang bayar sampai 600.000 VND lebih.

Bai Chay Tourist Wharf
Tips: Saat tiba di Bai Chay Tourist Wharf, belilah agak banyak air mineral (yang kemasan 5-6 liter) masukkan ke dalam tas, jangan sengaja di kasih lihat ke kru kapal, karena membawa minuman (apalagi bir dan wine) dari luar biasanya ke charge. Jadi saat acara makan kita bisa bawa air minum sendiri. Jika beli yang kemasan 5-6 liter, bawalah botol minum yang 600 ml untuk isi ulang, biar enak bawanya.

Sambil menunggu jam makan siang, kami ngobrol dengan sesama peserta yang lain. Terutama Mr & Mrs Frank, karena dari awal mereka 1 meja saat acara makan bersama kami. Tepat pukul 11.00, makan siang disajikan. Setelah makan siang, kami hanya menikmati pemandangan dari atas dek. Sayang, cuaca masih berawan sehingga kami tidak mendapatkan pemandangan yang jernih.

Kapal sampai di Bai Chay Harbour pukul 12.10, kami turun kapal dan menanti bus untuk mengantarkan kami kembali ke Hanoi. Perjalanan hampir 4 jam tak begitu terasa.

Setelah di Hanoi, kami ke Ocean Sun Tour di Dinh Liet Street, memesan private car untuk membawa kami pada pukul 22.00 ke Noi Bai International Airport seharga 280.000 VND, cukup mahal mengingat jarak dari kota Hanoi ke Noi Bai International Airport hanya berjarak lebih kurang 32 km.

Tas dan bawaan kami titipkan di sini, kemudian kami berjalan menyusuri jalan-jalan sekitar danau Hoan Kiem, dan mencari makanan.

Masih ada sedikit waktu kami sempatkan menonton Thang Long Water Puppet Show. Tempat ini terletak di seberang jalan dekat Hoan Kiem Lake. Tiket masuk terbagi 2 kelas seharga 60.000 VND dan 100.000 VND. Pertunjukan boneka air ini hampir sama dengan Water Puppet Show di Ho Chi Minh City

Mungkin akan sedikit interest jika membawa anak kecil. Saya pribadi tidak terlalu suka. Bahkan banyak penonton yang tertidur lelap di dalam theater sepanjang show sekitar 50 menit, yang mendapat penghargaan dari Asia Book of Records sebagai pertunjukkan boneka air dengan durasi terlama. Agak membosankan!

Dengan latar jembatan yang menghubungkan Kuil Ngoc Son
di tengah danau Hoan Kiem
Sisa waktu kami pergunakan untuk menikmati keindahan Hoan Kiem Lake waktu malam. Angin semilir yang cukup dingin menerpa tubuh dan jiwa kami, saat Hanoi memasuki musim dingin. Hahahaha.

Pukul 21.00 kami kembali ke Ocean Sun Tour untuk memesan sedikit makanan pengganjal perut sambil mencari informasi Phuket, tujuan kami selanjutnya, memanfaatkan wifi di sana.

Pukul 22.00 tepat, minivan yang sudah kami pesan menjemput, dan kamipun berangkat.Tapi sesuai janji Hien, pemilik dan pengelola Ocean Sun Tour yang cukup ramah, mobil yang membawa kami adalah minivan dengan penumpang hanya kami saja, dan tidak menjemput penumpang yang lain. Perjalanan ke Airport hanya 35 menit, sesuai perkiraan kami karena memang kondisi malam jalanan lebih lancar.

Malam ini kami memang berencana ngemper di Noi Bai International Airport. Mencari tempat yang enak, memanfaatkan wifi gratisan di bandara, saya agak larut malam baru tidur.

Informasi tambahan:

Tel: (+84) 4 3 6425 420 | Fax : (+84) 4 3 6425 421
Email: sales@mrlinhadventure.com

Tips:
Untuk memperoleh voucher hotel 200.000 VND, silahkan download aplikasi HQ di sini, kemudian masukkan kode YLIMP pada menu redeem voucher pada aplikasi yang sudah diunduh tadi. Kode YLIMP hanya bisa digunakan jika download aplikasinya di link yang saya tautkan di atas.