Phi Phi Islands One Day Tour

Day 16 :  15 Oktober 2015

Sekitar jam 7 pagi kami sudah bersiap menunggu di lobby hotel, dan jemputan baru datang jam 7.40. Setelah menjemput 1 tempat lagi kami langsung diantar ke Rassada Harbour di daerah Phuket Town, pelabuhan ferry yang melayani penyeberangan ke Krabi dan pulau-pulau kecil sekitar Phuket, termasuk Phi Phi Islands yang menjadi tujuan kami hari ini.

Phi Phi Islands ini sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua. Satunya Ko Phi Phi Don, dan satu lagi adalah Ko Phi Phi Lee tempat syuting film "The Beach" yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio.
Maya Bay "The Beach"nya Leonardo Di Caprio, view from ASEAN Cruise

Sesampainya di dermaga, kami di data ulang oleh petugas yang sekaligus bertugas sebagai tour guide kami, diberi stiker sebagai tanda yang bisa di kenali oleh orang tour di ferry maupun di Phi Phi Islands dan tanda untuk makan siang di Phi Phi Hotel.

Wefie di buritan ASEAN Cruise
Sekitar jam 8.40, ASEAN Cruise, ferry yang kami tumpangi berangkat. Dari pengumuman kapten kapal, perjalanan sekitar 1 jam 45 menit, tapi ternyata kami 2 jam lewat baru sampai di Ko Phi Phi Don. Karena ferry harus memutar Ko Phi Phi Lee, mengajak kami menikmati pemandangan indah Maya Bay, Losama Bay, Pileh Lagoon, dan Viking Cave. Sayangnya kami hanya bisa menikmati pulau tersebut dari kejauhan.

Dari atas kiri searah jarum jam: Lantai 1, Lantai 2, Lantai 3, Lantai 4
ASEAN Cruise ini terdiri dari 4 lantai.
Lantai pertama (lantai paling bawah) merupakan tempat bagasi dan tempat duduk penumpang yang dilengkapi penyejuk udara.
Lantai kedua terdapat tempat duduk penumpang yang juga dilengkapi penyejuk ruangan, toilet alias WC, konter informasi, kantin yang gratisan maupun berbayar, dan pintu masuk utama ke ferry.
Lantai ketiga ada kabin kapten kapal alias ruangan nahkoda, ruangan VIP, toko snack, dan tempat duduk penumpang udara terbuka.
Dan lantai keempat merupakan Sundeck, alias tempat untuk menggosongkan badan, banyak dipakai oleh para bule.

Kiri: ASEAN Cruise Directory
Kanan: Food & Beverage
Selama perjalanan pergi, di ferry menyediakan air minum (dingin), kopi (berikut perlengkapan tambahan berupa krimer dan gula kemasan sachet, teh, dan kue kering/biskuit gratis buat semua penumpang.
Kita boleh makan sampai puas. Hanya ada kotak tips untuk pelayan yang melayani kita. Harap kita bisa memberikan sedikit tips buat mereka.

Kolek buntut panjang yang sedang bersandar di dermaga Ton Sai
Jika ingin menikmati Ko Phi Phi Lee, saya sarankan menginap semalam di Ko Phi Phi Don, karena dari sini kita bisa menyewa perahu kecil ke sana. Atau bisa juga join dengan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama.

Perahu kecil ini dikenal dengan nama Longtail boat, karena baling-baling mesin kapal ini agak panjang sehingga lebih mudah diarahkan, mengingat ombak di sekitar pulau ini cukup besar.

Sesampainya di Ton Sai Pier, begitu nama dermaga di Ko Phi Phi Don, penumpang dibagi dua grup. Yang ingin berenang atau snorkling langsung naik ke kapal yang lebih kecil untuk diantar ke spot snorkling. Sedangkan yang tidak ingin ikut, boleh langsung turun ke Phi Phi Island dan mengeksplorasi pulau ini sampai jam makan siang.

Kami langsung berpindah kapal dan dibawa ke spot snorkling yang tidak terlalu jauh dari sana. Perlengkapan snorkling disediakan gratis, tapi sepatu katak (fins)harus bayar THB 80. Dari pemandu kapal diumumkan seolah-olah sangat bahaya jika tidak memakai sepatu katak karena banyak batu-batu karang dan terumbu karang yang runcing, beserta foto-foto kaki turis yang berdarah-darah. Menurut saya hanya trik pelaku usaha di sana untuk mendapatkan keuntungan, karena setelah menjajal spot snorkling di sana, tampaknya aman-aman saja, asal tidak terlalu pinggir ke tebing.

Demikian juga disewakan kacamata khusus buat yang pakai kacamata, dan berbagai macam keperluan sampingan untuk kebutuhan snorkling.

Spot di sana memang terdapat berbagai jenis ikan karang, hanya terumbu karangnya tidak ada yang bagus. Tetapi jika hanya untuk refreshing cukuplah.

Dari kiri atas searah jarum jam: Losama Bay, Pileh Lagoon, dan Viking Cave
Setelah itu kami diantar kembali ke Ko Phi Phi Don, dan kami agak telat sampai hotel untuk makan siang. Setelah turun dari kapal, untuk memasuki Ko Phi Phi Don diwajibkan membayar tiket masuk THB 20  yang katanya biaya pemeliharaan dan kebersihan pulau gitu deh.

Makan siang kami sudah siap, sesuai nomor meja yang sudah ditentukan. Satu meja untuk 10 orang. Makanannya boleh dikatakan sangat bervariasi dan banyak. Jika ada lauk yang habis langsung ditambah lagi oleh petugas di sana. Jadilah kami makan sampai kenyang.

Setelah selesai makan kami berniat ke Phi Phi View Point, tapi ternyata jaraknya cukup jauh, sekitar 4km dari Phi Phi Hotel, maka kami mengurungkan niat ke sana, soalnya ferry akan kembali ke Phuket Island jam 14.30, dan kami diharuskan berkumpul di Ton Sai Pier maksimal jam 14.15. Jadilah kami hanya berjalan di dekat-dekat pantai saja.

Semangka dengan latar Ko Phi Phi Don
Sekitar jam 14.35 ferry berangkat pulang ke Rassada Harbour, Phuket Island. Dalam perjalanan pulang ini, pihak ferry menyediakan buah-buahan dan soft drink buat semua penumpang. Kali ini berupa Coca Cola dan buah semangka. Perjalanan pulang lebih cepat karena tidak melewati Ko Phi Phi Lee. Alhasil sebelum jam 4 sore kami sudah tiba di Rassada Pier

Saat di ferry kami sudah di kasih tahu nomor minibus yang akan mengantar kami pulang ke hotel, jadi saat turun dari ferry kami tinggal mencari nomor bus yang dipegang oleh sopir busnya. Di sekitar dermaga tersebut terpampang foto-foto kami yang dijadikan souvenir, satunya THB 100. Maka berkuranglah dompet saya THB 200 karena membeli kenang-kenangan ini.

NB:
1. Harga Phi Phi Islands One Day Tour adalah THB 900/orang yang kami beli di hotel (Renoir Boutique Hotel). Harga bervariasi, silahkan nego sama pihak hotel, maupun agen-agen travel yang banyak tersebar di sepanjang jalanan Phuket Island. Jika ingin menginap di Phi Phi Island bisa langsung memberitahukan ke pihak tour dengan sedikit tambahan biaya.

2. Sewa longtail boat di Ko Phi Phi Don dengan tujuan Ko Phi Phi Lee, bisa 1 boat atau bisa bergabung dengan orang lain. Sewa 1 long tail boat sekitar THB2000 untuk 6 jam. Jika ingin menikmati suasana dalam film "The Beach" sewalah 1 boat dan berangkat agak pagi, sekitar jam 6-7 pagi, karena lewat dari jam itu, pantainya sudah ramai seperti pasar.

3. Usahakan menginap 1 atau 2 malam di Ko Phi Phi Don untuk bisa menikmati pulau-pulau di sekitarnya. Phi Phi Hotel terletak di dekat Ton Sai Pier, bisa dijadikan referensi menginap di sana. harga mulai dari THB1200-THB3500 tergantung season.

Tips:
Untuk memperoleh voucher hotel 200.000 VND, silahkan download aplikasi HQ di sini, kemudian masukkan kode YLIMP pada menu redeem voucher pada aplikasi yang sudah diunduh tadi. Kode YLIMP hanya bisa digunakan jika download aplikasinya melalui link yang saya tautkan tadi.